PDA

View Full Version : Obat Angin Duduk yg Sederhana


Pages : [1] 2 3

Vcore
15th March 2011, 21:25
Moga ga Copas gan dan jg bisa bermanfaat..............
Mungkin ada sebagian member FIF yg blom tahu, apa itu angin duduk ?????
katanya, penyakit angin duduk ini berbahaya klu udh nyampe ke ulu hati sesak nya... ( bisa co.id )
angin duduk yg seperti gumpalan, yg bisa berpindah2 di dalam tutuh kita. wlpun dah nyoba tolak angin atau juga sudah diurut sekalian, katanya angin tersebut ga jg hilang....
jd ane cuma ingin berbagi di forum tercinta ini.
Jd, klu ada rekan2, keluarga ato tetangga yg terasa napas nya sesak, dan ada juga yg sampai teriak2 menahan sakit nya siksaan angin duduk ini
coba anda rebus daun sirih beserta akar2 nya, daun sirih nya bisa 10-15 lembar.
rebus dgn 5 gelas air, di rebus air nya menjadi 1 gelas.....
semoga bermanfaat....
amin......

vackoohelsing
15th March 2011, 21:32
ane sering alamin tuh...apalagi kalau pagi2 angkat yang berat2...langsung deh kena...4 hari baru terasa mendingan..

memang ajaib tuh angin....

ichaL_spray
15th March 2011, 21:33
mantap ana kasih cendol ..........

nia_united
15th March 2011, 21:47
ijin bookmark gan,siapa tau membutuhkan

mbahgaleng
15th March 2011, 21:50
mantappppp..bos ,,,,izin bookmark........

EGY C
15th March 2011, 22:01
Mantab gan ijin save,,,,,,,,

melan_cell
15th March 2011, 22:05
Tambahan Sedikit Om.,.,.
Pengalaman Saya Juga udah pernah Kena Angin Duduk.,.,Dan lolos Dari Maut.,..,
Waktu Saya kena Dulu Ada orang tua tempat Saya bilang obat Angin Duduk yg cepat mengatasi Sebelum Sampe Kehulu hati Yaitu Ayam yg masih Hidup.,.,.,
Gak tau kenapa???Apa mitos atau Apa,.,.,Toh Sampai Sekarang Saya masi Bisa OL DiFIF.,.,.,Kasiatnya Gimana Gak Tau Juga.,.,Tp Mujarap Om.,.,.
Caranya:
Waktu Anda Menemukan Orang Yg kena Angin Duduk Ciri2nya
-Perut kencang
-Napas Sesak
-Badan Pucat Putih
-Keluar Keringat Banyak (Keringat Dingin)
-Dada membiru Bibir juga Biru

Cara menangulanginya ambil Seekor Ayam yg masih hidup.,.,gak penting Ukuran,jenis kelamin,atau warna ayam itu sendiri.,.,
Baca Doa Korban terus,
Belah Dada Ayam Waktu Posisi2 Lagi Hidup2 tampa Harus Disembeleh.,.,.
Tempelkan yg udah DIbelah menjadi 2 kedada yg sakit.,.,
kalau sikorban benar2 kena angin duduk maka Darah Ayam Akan mengering dan membeku dg cepat.,.,.
Klo Nenek itu bilang Angin Duduk Itu Pindah ke ayamnya.,.,.,
Percaya gak percaya itulah yg terjadi.,.,Saya masih Hidup sampai Sekarang (rengkarnasi gan :d )
Mang Sedikt Sadis N kejam Terhadap Ayamnya.,.,Tp itulah Obatnya Yg manjur Menurut Pengalaman Saya.,.,.,Tested By Me.,.,.,.

M united
15th March 2011, 22:11
Tambahan Sedikit Om.,.,.
Pengalaman Saya Juga udah pernah Kena Angin Duduk.,.,Dan lolos Dari Maut.,..,
Waktu Saya kena Dulu Ada orang tua tempat Saya bilang obat Angin Duduk yg cepat mengatasi Sebelum Sampe Kehulu hati Yaitu Ayam yg masih Hidup.,.,.,
Gak tau kenapa???Apa mitos atau Apa,.,.,Toh Sampai Sekarang Saya masi Bisa OL DiFIF.,.,.,Kasiatnya Gimana Gak Tau Juga.,.,Tp Mujarap Om.,.,.
Caranya:
Waktu Anda Menemukan Orang Yg kena Angin Duduk Ciri2nya
-Perut kencang
-Napas Sesak
-Badan Pucat Putih
-Keluar Keringat Banyak (Keringat Dingin)
-Dada membiru Bibir juga Biru

Cara menangulanginya ambil Seekor Ayam yg masih hidup.,.,gak penting Ukuran,jenis kelamin,atau warna ayam itu sendiri.,.,
Baca Doa Korban terus,
Belah Dada Ayam Waktu Posisi2 Lagi Hidup2 tampa Harus Disembeleh.,.,.
Tempelkan yg udah DIbelah menjadi 2 kedada yg sakit.,.,
kalau sikorban benar2 kena angin duduk maka Darah Ayam Akan mengering dan membeku dg cepat.,.,.
Klo Nenek itu bilang Angin Duduk Itu Pindah ke ayamnya.,.,.,
Percaya gak percaya itulah yg terjadi.,.,Saya masih Hidup sampai Sekarang (rengkarnasi gan :d )
Mang Sedikt Sadis N kejam Terhadap Ayamnya.,.,Tp itulah Obatnya Yg manjur Menurut Pengalaman Saya.,.,.,Tested By Me.,.,.,.

bener bozzzz...ane setuju............

yossi_cell
15th March 2011, 23:15
tak coba semuanya lah...
kayaknya ga ada salah nya...
thanks:nice:

Vcore
15th March 2011, 23:20
Tambahan Sedikit Om.,.,.
Pengalaman Saya Juga udah pernah Kena Angin Duduk.,.,Dan lolos Dari Maut.,..,
Waktu Saya kena Dulu Ada orang tua tempat Saya bilang obat Angin Duduk yg cepat mengatasi Sebelum Sampe Kehulu hati Yaitu Ayam yg masih Hidup.,.,.,
Gak tau kenapa???Apa mitos atau Apa,.,.,Toh Sampai Sekarang Saya masi Bisa OL DiFIF.,.,.,Kasiatnya Gimana Gak Tau Juga.,.,Tp Mujarap Om.,.,.
Caranya:
Waktu Anda Menemukan Orang Yg kena Angin Duduk Ciri2nya
-Perut kencang
-Napas Sesak
-Badan Pucat Putih
-Keluar Keringat Banyak (Keringat Dingin)
-Dada membiru Bibir juga Biru

Cara menangulanginya ambil Seekor Ayam yg masih hidup.,.,gak penting Ukuran,jenis kelamin,atau warna ayam itu sendiri.,.,
Baca Doa Korban terus,
Belah Dada Ayam Waktu Posisi2 Lagi Hidup2 tampa Harus Disembeleh.,.,.
Tempelkan yg udah DIbelah menjadi 2 kedada yg sakit.,.,
kalau sikorban benar2 kena angin duduk maka Darah Ayam Akan mengering dan membeku dg cepat.,.,.
Klo Nenek itu bilang Angin Duduk Itu Pindah ke ayamnya.,.,.,
Percaya gak percaya itulah yg terjadi.,.,Saya masih Hidup sampai Sekarang (rengkarnasi gan :d )
Mang Sedikt Sadis N kejam Terhadap Ayamnya.,.,Tp itulah Obatnya Yg manjur Menurut Pengalaman Saya.,.,.,Tested By Me.,.,.,.

thanks juga gan, info nya. jd banyak nich jalan obat nya... ijin save ya...
ini maksudnya apa ya gan ( Baca Doa Korban terus, ) apa ya doa nya gan ?????? :nice::nice::nice::nice:

GG RONGKANG
15th March 2011, 23:28
thanks bos atas share nya..................

hendry astro
15th March 2011, 23:34
mantab juragan.....tp yang lebih baik mencegah daripada mengobati.......

agus_srigading
15th March 2011, 23:35
Moga ga Copas gan dan jg bisa bermanfaat..............
Mungkin ada sebagian member FIF yg blom tahu, apa itu angin duduk ?????
katanya, penyakit angin duduk ini berbahaya klu udh nyampe ke ulu hati sesak nya... ( bisa co.id )
angin duduk yg seperti gumpalan, yg bisa berpindah2 di dalam tutuh kita. wlpun dah nyoba tolak angin atau juga sudah diurut sekalian, katanya angin tersebut ga jg hilang....
jd ane cuma ingin berbagi di forum tercinta ini.
Jd, klu ada rekan2, keluarga ato tetangga yg terasa napas nya sesak, dan ada juga yg sampai teriak2 menahan sakit nya siksaan angin duduk ini
coba anda rebus daun sirih beserta akar2 nya, daun sirih nya bisa 10-15 lembar.
rebus dgn 5 gelas air, di rebus air nya menjadi 1 gelas.....
semoga bermanfaat....
amin......


airnya di minum ya??????????????????

fendy_cell
15th March 2011, 23:36
tanks info nya gan.................

Vcore
15th March 2011, 23:38
mantab juragan.....tp yang lebih baik mencegah daripada mengobati.......

klu utk pencegahannya, agan bisa minum nya di pagi hari 1x - 2x seminggu.
satu lgi gan, tuk pencegahan nya. tubuh jgn kelelahan + perut jgn ampe kosong alias jgn lupa makan. ini efek awal nya :)


airnya di minum ya??????????????????

btul gan di minum........ :)

hendry astro
15th March 2011, 23:59
[QUOTE=Vcore;2500062]klu utk pencegahannya, agan bisa minum nya di pagi hari 1x - 2x seminggu.
satu lgi gan, tuk pencegahan nya. tubuh jgn kelelahan + perut jgn ampe kosong alias jgn lupa makan. ini efek awal nya :)



wah cocok jg buat ane yang hobi begadang suka ngrokok doyan ngopi jarang makan....rasanya gan....pahit gag....

hendry astro
16th March 2011, 00:01
klu utk pencegahannya, agan bisa minum nya di pagi hari 1x - 2x seminggu.
satu lgi gan, tuk pencegahan nya. tubuh jgn kelelahan + perut jgn ampe kosong alias jgn lupa makan. ini efek awal nya :)


:)


wah cocok jg buat ane yang hobi begadang suka ngrokok doyan ngopi jarang makan....rasanya gan....pahit gag....

max2000
16th March 2011, 00:29
thank's infonya, jadi punya solusi klo ada yg kena angin duduk,

ramex
16th March 2011, 00:44
Usahakan jangan terlalu sering minum es, apalagi saat malam hari serta perut lagi kosong...


salam,


ramex

joko wardoyo
16th March 2011, 00:56
just copas. mungkin ini bisa memberi wawasan kepada rekan-rekan. kita harap alternatif herbal seperti yg TS sebutkan bisa menjadi substans anti platelet dan anti koagulan selain obat kimiawi yg beredar di pasaran


Angin Duduk sama dengan Sindrom Jantung Koroner Akut Hanya dalam 15 menit sampai 30 menit, orang yang terserang angin duduk bisa meninggal.Padahal, penderita, sebelumnya terlihat sehat-sehat saja. Dunia kedokteran selama beberapa tahun terakhir berhasil mengidentifikasi istilah baru penyakit jantung yang akrab d isebut angin duduk. Ternyata, penyakit ini tak sekedar masuk angin berat, tetapi identik dengan Sindrom Serangan Jantung Koroner Akut (SSJKA).

Teridentifikasinya istilah ini, menurut Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Prof DR dr Teguh Santoso.SpPD, di Jakarta, pekan lalu. Menandai sebuah koreksi besar terhadap mitos yang berkembang di masyarakat selama ini. Bahwa masuk angin hebat itu adalah penyakit yang berbahaya, bahkan bisa menimbulkan kematian hanya dalam waktu 15 hingga 30 menit sejak serangan pertama.

Jadi kata Teguh lagi, jika Anda tiba-tiba merasa nyeri dada, sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik apapun termasuk berhubungan seks. Segeralah pergi ke rumah sakit yang menyediakan fasilitas penanganan Gawat darurat jantung. Ingat!. Tidak boleh lebih dari 15 menit setelah serangan nyeri pertama. Sindrom serangan jantung koroner akut merupakan penemuan terbaru akhir banyak disikapi masyarakat dengan tindakan yang salah. Misalnya, penderita dikerok, diberi minuman air panas, atau diberi ramu-ramuan untuk mengeluarkan angin. Padahal, penderita bisa meninggal mendadak tanpa ada tanda-tanda sakit.

Gejalanya:

Muncul keluhan nyeri ditengah dada, seperti:

* Rasa ditekan
* Rasa diremas-remas, menjalar ke leher,lengan kiri dan kanan, serta ulu hati.
* Rasa terbakar dengan sesak napas dan keringat dingin.

Keluhan nyeri ini bisa merambat ke kedua rahang gigi kanan atau kiri, bahu,serta punggung. Lebih spesifik, ada juga yang disertai kembung pada ulu hati seperti masuk angin atau maag.

Sumber masalah sesungguhnya hanya terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung (vasokonstriksi).

Penyempitan ini diakibatkan oleh empat hal :

1. Adanya timbunan-lemak (aterosklerosis) dalam pembuluh darah akibat konsumsi kolesterol tinggi.
2. sumbatan (trombosis) oleh sel beku darah (trombus).
3. Vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah akibat kejang yang terus menerus.
4. Infeksi pada pembuluh darah. Penyempitan itu, lanjutnya lagi, mengakibatkan berkurangnya oksigen yang masuk ke dalam jantung.

Ketidak-seimbangan pasokan dengan kebutuhan oksigen pada tubuh mengakibatkan nyeri dada yang dalam istilah medisnya disebut angina.Namun kata Teguh,hendaknya dibedakan antara keluhan nyeri pada sindrom serangan jantung koroner akut (SSJKA) dengan serangan jantung koroner (SJK) (infark miokard).

Pada SJK, angina terjadi akibat sumbatan total pembuluh darah jantung karena aktivitas fisik yang berlebihan. Sementara pada SSJKA angina terjadi akibat sumbatan tidak total yang dirasakan saat istirahat.

“SSJKA ini memang mendadak.Bukan karena capek, masuk angin, atau penyakit-penyakit lainnya. Biasanya penderita akan meninggal paling lama lima belas menit setelah keluhan rasa nyeri pertama kali dirasakan”.Kata Teguh.

Masyarakat diminta waspada terhadap keluhan angina ini. Soalnya penderita sebelum terserang akan tampak sehat-sehat. Solusi satu- satunya hanyalah melonggarkan sumbatan yang terjadi, yaitu dengan memberikan obat anti platelet (sel pembeku darah) dan anti koagulan. Atau, obat untuk mengantisipasi ketidak-seimbangan supply oksigen dan kebutuhan oksigen. Misalnya nitrat, betabloker, dan kalsium antagonis.

Di tempat terpisah, ahli jantung RS Jantung Harapan Kita dr. Santoso Karo-Karo MPH, SpJp mengungkapkan kondisi rumah sakit di Indonesia tidak terlalu bisa diharapkan untuk pengobatan SSJKA. Rumah sakit terkesan lambat menangani pasien.Untuk itu ia menyarankan agar penderita yang sudah tahu bahwa dirinya memiliki gangguan jantung sebaiknya membawa tablet antiplatelet ke manapun ia pergi. Obat antiplatelet yang paling murah dan gampang di cari adalah aspirin. Obat ini selain bermanfaat sebagai pertolongan pertama mengatasi nyeri dan melonggarkan kembali pembuluh darah yang tersumbat oleh thrombosit atau platelet (sel pembeku darah).

CMIIW

hendry astro
16th March 2011, 01:07
just copas. mungkin ini bisa memberi wawasan kepada rekan-rekan. kita harap alternatif herbal seperti yg TS sebutkan bisa menjadi substans anti platelet dan anti koagulan selain obat kimiawi yg beredar di pasaran


Angin Duduk sama dengan Sindrom Jantung Koroner Akut Hanya dalam 15 menit sampai 30 menit, orang yang terserang angin duduk bisa meninggal.Padahal, penderita, sebelumnya terlihat sehat-sehat saja. Dunia kedokteran selama beberapa tahun terakhir berhasil mengidentifikasi istilah baru penyakit jantung yang akrab d isebut angin duduk. Ternyata, penyakit ini tak sekedar masuk angin berat, tetapi identik dengan Sindrom Serangan Jantung Koroner Akut (SSJKA).

Teridentifikasinya istilah ini, menurut Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Prof DR dr Teguh Santoso.SpPD, di Jakarta, pekan lalu. Menandai sebuah koreksi besar terhadap mitos yang berkembang di masyarakat selama ini. Bahwa masuk angin hebat itu adalah penyakit yang berbahaya, bahkan bisa menimbulkan kematian hanya dalam waktu 15 hingga 30 menit sejak serangan pertama.

Jadi kata Teguh lagi, jika Anda tiba-tiba merasa nyeri dada, sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik apapun termasuk berhubungan seks. Segeralah pergi ke rumah sakit yang menyediakan fasilitas penanganan Gawat darurat jantung. Ingat!. Tidak boleh lebih dari 15 menit setelah serangan nyeri pertama. Sindrom serangan jantung koroner akut merupakan penemuan terbaru akhir banyak disikapi masyarakat dengan tindakan yang salah. Misalnya, penderita dikerok, diberi minuman air panas, atau diberi ramu-ramuan untuk mengeluarkan angin. Padahal, penderita bisa meninggal mendadak tanpa ada tanda-tanda sakit.

Gejalanya:

Muncul keluhan nyeri ditengah dada, seperti:

* Rasa ditekan
* Rasa diremas-remas, menjalar ke leher,lengan kiri dan kanan, serta ulu hati.
* Rasa terbakar dengan sesak napas dan keringat dingin.

Keluhan nyeri ini bisa merambat ke kedua rahang gigi kanan atau kiri, bahu,serta punggung. Lebih spesifik, ada juga yang disertai kembung pada ulu hati seperti masuk angin atau maag.

Sumber masalah sesungguhnya hanya terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung (vasokonstriksi).

Penyempitan ini diakibatkan oleh empat hal :

1. Adanya timbunan-lemak (aterosklerosis) dalam pembuluh darah akibat konsumsi kolesterol tinggi.
2. sumbatan (trombosis) oleh sel beku darah (trombus).
3. Vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah akibat kejang yang terus menerus.
4. Infeksi pada pembuluh darah. Penyempitan itu, lanjutnya lagi, mengakibatkan berkurangnya oksigen yang masuk ke dalam jantung.

Ketidak-seimbangan pasokan dengan kebutuhan oksigen pada tubuh mengakibatkan nyeri dada yang dalam istilah medisnya disebut angina.Namun kata Teguh,hendaknya dibedakan antara keluhan nyeri pada sindrom serangan jantung koroner akut (SSJKA) dengan serangan jantung koroner (SJK) (infark miokard).

Pada SJK, angina terjadi akibat sumbatan total pembuluh darah jantung karena aktivitas fisik yang berlebihan. Sementara pada SSJKA angina terjadi akibat sumbatan tidak total yang dirasakan saat istirahat.

“SSJKA ini memang mendadak.Bukan karena capek, masuk angin, atau penyakit-penyakit lainnya. Biasanya penderita akan meninggal paling lama lima belas menit setelah keluhan rasa nyeri pertama kali dirasakan”.Kata Teguh.

Masyarakat diminta waspada terhadap keluhan angina ini. Soalnya penderita sebelum terserang akan tampak sehat-sehat. Solusi satu- satunya hanyalah melonggarkan sumbatan yang terjadi, yaitu dengan memberikan obat anti platelet (sel pembeku darah) dan anti koagulan. Atau, obat untuk mengantisipasi ketidak-seimbangan supply oksigen dan kebutuhan oksigen. Misalnya nitrat, betabloker, dan kalsium antagonis.

Di tempat terpisah, ahli jantung RS Jantung Harapan Kita dr. Santoso Karo-Karo MPH, SpJp mengungkapkan kondisi rumah sakit di Indonesia tidak terlalu bisa diharapkan untuk pengobatan SSJKA. Rumah sakit terkesan lambat menangani pasien.Untuk itu ia menyarankan agar penderita yang sudah tahu bahwa dirinya memiliki gangguan jantung sebaiknya membawa tablet antiplatelet ke manapun ia pergi. Obat antiplatelet yang paling murah dan gampang di cari adalah aspirin. Obat ini selain bermanfaat sebagai pertolongan pertama mengatasi nyeri dan melonggarkan kembali pembuluh darah yang tersumbat oleh thrombosit atau platelet (sel pembeku darah).

CMIIW

info leng maxnyuuuusss,,,,,.....

kirara
16th March 2011, 01:45
itu kan kejadiannya kalo yg sudah2 cepat ya bos, bagaimana dengan yg ga punya daun sirih dan ayam ?

fajar-cell
16th March 2011, 01:55
nambahi lg gan klo bisa bekerja atau begadang malam makan dan minum air putih yang banyak dan jgn sampe perut kosong


dan dompet jangan kosong juga.........:piss::piss:

joko wardoyo
16th March 2011, 02:17
just copas dari beberapa sumber.

Sireh leaf (Piper Bitle)
Nutrition of Sireh leaf (Piper Bitle) is believed to kill bacteria in the body. Sireh leaves also have a substance which Kavikol and Cuginol there are active ingredients such as work strain flavornoid and polyphenol structure of skin and reduce wrinkles. Astrigen material appearing on Sireh leaf tissues can shrink the organic and materials antiseptic to kill bacteria, fungus and overcoming whiteness. It is also used as a cure for the disease malaria, rheumatism, gout, heart problems and cancer.Leaf Sireh if mixed with other suitable materials capable of treating skin problems, migraines and body odor problems. It can also be used as to become soft, trimming, and her hair.
There are in other countries the leaves are used as medicine Siren fever, measles, glands and lymphagitis problem but as a drug hives, astrigen and aphrodisiac. Obviously Sireh leaves many nutrients that can benefit mankind.


CMIIW

jack deny
16th March 2011, 02:48
nambahin aja gan, sapa tahu berguna....................




Hati2 Serangan Jantung/Angin Duduk
***,Wr wb
Akhir-akhir ini banyak sekali orang disekitar saya, baik itu teman, orangtuanya teman, abang, kakak ipar yang meninggal karena serangan jantung. Pada mulanya selalu dikira masuk angin, seperti kebiasaan kita, obat yang paling ampuh u masuk angin adalah kerok. Tapi setelah dikerok bukannya jadi baik, malah jadi fatal. Untuk lebih jelas ciri-ciri jantung koroner baca deh artikel di bawah ini. Semoga bermanfaat.

ANGIN DUDUK

Banyak diantara kita yang sudah mengenal isilah ini, tapi banyak juga yang belum tahu jenis penyakit apakah angin duduk ini.Angin Duduk sama dengan Sindrom Jantung Koroner AkutHanya dalam 15 menit sampai 30 menit, orang yang terserang angin dudukbisa meninggal. Padahal, penderita, sebelumnya terlihat sehat-sehat saja.

Dunia kedokteran selama dua tahun terakhir berhasil mengidentifikasi istilah baru penyakit jantung yang akrab disebut angin duduk. Ternyata, penyakit ini tak sekedar masuk angin berat,tetapi identik dengan sindrom serangan jantung koroner akut (SSJKA).

Teridentifikasinya istilah ini, menurut Guru Besar Bidang Ilmu PenyakitDalam FKUI, Prof DR dr Teguh Santoso.SpPD, di Jakarta, pekan lalu. Menandai sebuah koreksi besar terhadap mitos yang berkembang dimasyarakat selama ini. Bahwa masuk angin hebat itu adalah penyakit yang berbahaya, bahkan bisa menimbulkan kematian hanya dalam waktu 15 hingga 30 menit sejak serangan pertama. Jadi kata Teguh lagi, jika Anda tiba-tiba merasa nyeri dada, sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik apapun termasuk berhubungan seks. Segeralah pergi ke rumah sakit yang menyediakan fasilitas penanganan gawat darurat jantung. Ingat. Tidak boleh lebih dari 15 menit setelah serangan nyeri pertama.

Sindrom serangan jantung koroner akut merupakan penemuan terbaru akhir abad ini pada bidang penyakit jantung. Anehnya, gejala penyakit inibanyak disikapi masyarakat dengan tindakan yang salah. Misalnya,penderita dikerok, diberi minuman air panas, atau diberi ramu-ramuan untuk mengeluarkan angin. Padahal, penderita bisa meninggal mendadak tanpa ada tanda-tanda sakit.

Gejalanya:Muncul keluhan nyeri ditengah dada, seperti :- Ditekan- Diremas-remas, menjalar ke leher, lengan kiri dan kanan, serta ulu hati.- Rasa terbakar dengan sesak napas dan keringat dingin. Keluhan nyeri ini bisa merambat ke kedua rahang gigi kananatau kiri, bahu, serta punggung.

Lebih spesifik, ada juga yang disertai kembung pada ulu hatiseperti masuk angin atau maag.Sumber masalah sesungguhnya terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung (vasokonstriksi) .

Penyempitan ini diakibatkan oleh empat hal :
- Pertama, adanya timbunan-lemak (aterosklerosis) dalam pembuluh darah akibat konsumsi kolesterol tinggi.
- Kedua, sumbatan (trombosis) oleh sel beku darah (trombus);
- Ketiga, Vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah akibat kejang yang terus menerus.
- Keempat, infeksi pada pembuluh darah.Penyempitan itu, lanjutnya lagi, mengakibatkan berkurangnya oksigenyang masuk ke dalam jantung.

Ketidak-seimbangan pasokan dengan kebutuhan oksigen pada tubuh mengakibatkan nyeri dada yang dalam istilah medisnya disebut angina. Namun kata Teguh, hendaknya dibedakan antara keluhan nyeri pada sindrom serangan jantung koroner akut (SSJKA) dengan serangan jantungkoroner (SJK) (infark miokard).

Pada SJK, angina terjadi akibat sumbatan total pembuluh darah jantung karena aktivitas fisik yang berlebihan.Sementara pada SSJKA angina terjadi akibat sumbatan tidak total yang dirasakan saat istirahat.'SSJKA ini memang mendadak. Bukan karena capek, masuk angin,atau penyakit-penyakit lainnya. Biasanya penderita akan meninggal paling lama lima belas menit setelah keluhan rasa nyeri pertama kali dirasakan'. kata Teguh.

Masyarakat diminta waspada terhadap keluhan angin ini. Soalnya penderita sebelum terserang akan tampak sehat-sehat. Solusi satu-satunya hanyalah melonggarkan sumbatan yang terjadi, yaitu dengan memberikan obat anti platelet (sel pembeku darah) dan anti koagulan.

Atau, obat untuk mengantisipasi ketidak-seimbangan supplai oksigen dan kebutuhan oksigen. Misalnya nitat, betabloker, dan kalsium antagonis. Di tempat terpisah. Ahli jantung RS Jantung Harapan Kita dr. SantosoKaro-Karo MPH:, SpJp mengungkapkan kondisi rumah sakit di Indonesia tidak terlalu bisa diharapkan untuk pengobatan SSJKA. Rumah sakit terkesan lambat menangani pasien. Untuk itu ia menyarankan agar penderita yang sudah tahu bahwa dirinya memiliki gangguan jantung sebaiknya membawa tablet antiplatelet ke manapun ia pergi. Obat antiplatelet yang paling murah dan gampang di cari adalah aspirin. Obat ini selain bermanfaat sebagai pertolongan pertama mengatasi nyeri dan melonggarkan kembali pembuluh darah yang tersumbat oleh thrombosit atau platelet (sel pembeku darah).

PERBAIKI GAYA HIDUP

Gaya hidup masa kini yang kurang sehat dan tidak teratur adalah pemicunya.
Zaman sekarang orang cenderung melupakan pentingnya olahraga hidup dalam kondisi stress, sering tidur larut malam, dan sering mencoba bermacam pola diet yang tidak sehat.

Kurang atau tak pernah olahraga akan menghambat kelancaran metabolisme tubuh. Akibatnya, akan terjadi pengendapan lemak yang perlahan-lahan dapat menyumbat lajunya aliran darah ke jantung. Sementara itu, orang sekarang banyak yang mengaku tak punya cukup waktu olahraga, menjaga diri dari kemungkinan obesitas (kelebihan berat badan) juga berperan penting untuk kesehatanjantung, karena kelebihan lemak dapat meminimalkan gerak pompa jantung.

Jadi jaga ukuran pinggang anda, karena perutlah semua jenis lemak menumpuk. Untuk wanita , maksimal 80 cm, dan untuk pria, maksimal 90 Cm.
Jaga pola makan, hindari Junk Food, perbanyak asupan buah dan sayuran serta fiber.
Menjauhkan diri dari stress, juga bisa mencegah kita dari penyakit jantung koroner, Pasalnya, dalam keadaan stress kinerja tubuh serta otakdipaksa untuk bekerja secara berlebihan, Hasilnya, kondisi tubuh selalu dalam keadaan letih dan porsi istirahat berkurang.

"Kurangnya istirahat dapat mengakibatkan pengentalan darah, yang dapat meningkatkan hormon adrenalin, akibatnya bisa ditebak serangan jantung lebih gampang terjadi
"Orang yang emosi-an juga perlu diperhatikan. Pasalnya, dalam marah-marah(Otak panas, napas memburu, jantungpun berdebar keras, kadang sampai tubuh bergetar, darah bergerak cepat), jika kondisi darah bergerak cepat, sedangkan ada penyumbatan di pembuluh darah, bisa dibayangkan darah akan berkumpul disuatu tempat (pembuluh darah) dan karena tidak kuat menampung banyaknya darah yang datang pembuluh yang halus itupun pecah dan sudah bisa ditebak orang itupun akan koleps atau bisa merengang nyawa.

Kondisi ini juga berlaku ketika dia berolahraga ekstra keras(seperti main bola, yang dituntut berlari2 bolak-balik terus menerus),itu juga memicu jantung berdebar dan darah bergerak cepat, dan jika dia mempunyai sumbatan2 dalam tubuhnya yang tidak diketahui, maka kejadian pembuluh darah pecahpun akan menimpanya.

semoga bermanfaat.
Dikutip dari email teman....